Jumat, 25 November 2011

tanaman khas lampung


Agan-agan ada yang pernah mendengar Buah Gerenuk??? Buah gerenuk atau di Pulau Jawa biasa juga disebut buah berenuk (crescentia cujete), merupakan salah satu buah-buahan yang akan dijadikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung sebagai icon kerajinan tangan masyarakat daerah tersebut. Buah bulat yang ukurannya kira-kira sebesar buah kelapa tua tersebut, memang tidak enak untuk dimakan kendati bentuknya cukup menarik. Biasanya buah yang sudah cukup akrab di warga masyarakat daerah lampung ini, tumbuh pada dataran rendah. Buah yang sudah di keringkan dan dibuang isinya, oleh sejumlah masayarakat lampung, terutama masyarakat petani di pedesaan dijadikan sebagai tempat membawa air dari perigi ke rumah. Bahkan oleh masyarakat juga dimanfaatkan sebagai berbagai piranti/perlengkapan yang ada di dapur, seperti untuk menyimpan bumbu dapur, untuk ciduk air dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.Sebagian dari warga, mengklaim bahwa buah berenuk tersebut merupakan khas taman Lampung, kendati sejumlah daerah di Pulau Jawa, pohon serupa juga tumbuh subur dan banyak dijumpai.

Spoiler for Bentuk Buahnya Gan:
Spoiler for 1:
Spoiler for 2:
Spoiler for 3:



Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, menghawatirkan pohon dengan buah yang indah ini akan punah pada suatu saat. Itulah sebabnya, dia menghimbau agar pohon ini dilestarikan dengan cara, antara lain menanamnya di halaman kantor pemerintahan atau rumah penduduk sebagai penghijauan. “Selain fungsinya sebagai penghijauan juga sebagai pelestarian tanaman yang sudah mulai langka,” kata Sjachroedin pada sejumlah pertemuan. Terinspirasi dari apa yang disampaikan gubernur Lampung, kepala Musium Rua Jurai Provinsi Lampung, Pulung Swandaru, mencoba menciptakan cindramata dari buah gernuk, seperti membuat topeng, gitar, gendang, dan masih banyak lainnya.

Spoiler for Hasil Seni Dari Buah Gerenuk:
Spoiler for 1:
Spoiler for 2:
Spoiler for 3:

Spoiler for 4:
Spoiler for 5:


Baru baru ini dalam rangka Hut Provinsi Lampung ke 46 dan Tahun Kunjungan Musium 2010, Musium Lampung akan menggelar lomba lukis 1001 gernuk. Lomba ini nantinya akan diikuti oleh para pelajar mulai tingkat SD sampai dengan tingkat SLTA. Sembilam museum Negeri Provinsi di Indonesia mengikuti Pameran Pelangi Aksara Nusantara selama tujuh hari di Musium Provinsi Lampung. Ini merupakan kejutan bagi dunia lukis, yang selama ini gernuk kurang mendapatkan perhatian dari para seniman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel ini Mohon Klik Like di Bawah ini:

Komentar: