Minggu, 15 Juli 2012

Pesta Budaya Sekura Cakak Buah Pekon Gunung Sugih Lampung Barat





Pesta Sakura atau Panjat Pinang yang diselenggarakan di Pekon/Desa Gunung Sugih Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat yang berlangsung Kamis 01 September 2011 / 2 Syawal 1432 Hijriyah di padati pengunjung. Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Assisten III Pemkab Lampung Barat Khairul Anwar, mewakili Bupati Hi Mukhlis Basri. Dalam sambutannya Khairul Anwar menyatakan sangat mendukung pesta Budaya yang biasa di selenggarakan setelah Hari raya Idul Fitri, selain sebagai media silaturahmi juga kegiatan tersebut positif untuk melestarikan budaya Lampung Barat.

Panitia Penyelenggara menyediakan 20 batang Panjat Pinang yang tersebar di sekitar lokasi acara di pekon Gunung Sugih tersebut. sedangkan peserta umumnya adalah masyarakat sekitar dan dari pekon tetangga. Acara tersebut juga dihadiri para Peratin/Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Balik Bukit.

Atraksi Yang cukup menarik diantaranya adalah hadirnya Sakura Kamak, mereka yang memakai topeng dari kain atau yang terbuat dari kayu dan menutupi badannya dengan kain yang compang camping atau dari daun-daunan.Tingkah mereka yang lucu kerap mengundang senyum tawa pengunjung.

Pesta Sakura adalah tradisi unik mewarnai hari raya di Kabupaten Lampung Barat. Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, Masyarakat Lampung Barat biasanya meluapkan kegembiraan dengan menyelenggarakan ajang silaturahmi dalam bentuk pesta Sakura, juga saat yang tepat bertemu para sahabat serta para kerabat guna melepas rindu. Teristimewa bagi mereka yang lama tidak pulang kampung. ( foto-foto Duta Suhanda , Mahameru FM Liwa Lampung Barat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel ini Mohon Klik Like di Bawah ini:

Komentar: